PEMROGRAMAN SIMULASI

Share on :

1.    Pemrograman Simulasi
Sistem adalah sekumpulan obyek yang tergabung dalam suatu interaksi dan inter-dependensi yang  teratur. Sistem dibedakan menjadi dua tipe yaitu sistem diskrit dan sistem kontinu.
Komponen sistem:
  1.  Entitas – objek yang sedang diamati dari sistem
  2. Atribut – identitas dari entitas
  3. Aktivitas – suatu masa yang mewakili proses suatu entitas
  4.   Status – kumpulan variabel yg dibutuhkan untuk menggambarkan sistem
  5. Kejadian – Kejadian yg mengubah status sistem
Cara Mempelajari Sistem
  1. Sistem dapat dipelajari dengan pengamatan langsung atau pengamatan pada model dari sistem tersebut.
  2. Model dapat diklasifikasikan menjadi model fisik dan model matematik.
  3.  Model matematik ada yang dapat diselesaikan dengan solusi analitis, ada yang tidak. Bila solusi analitis sulit didapatkan maka digunakan SIMULASI.

 

Model merupakan penyederhanaan dari sistem yang akan dipelajari. Model sangat beragam, bisa dalam bentuk ikon, analog atau simbol. Model ikon meniru sistem nyata secara fisik, seperti globe (model dunia), planetarium (model system ruang angkasa), dan lain-lain. Model analog meniru sistem hanya dari perilakunya. Model simbol tidak meniru sistem secara fisik, atau tidak memodelkan perilaku sistem, tapi memodelkan sistem berdasarkan logikanya.
Simulasi adalah suatu prosedur kuantitatif, yang menggambarkan sebuah sistem, dengan mengembangkan sebuah model dari sistem tersebut dan melakukan sederetan uji coba untuk memperkirakan perilaku sistem pada kurun waktu tertentu.
Tujuan dilakukanya simulasi yaitu:
1.       Pelatihan (training)
2.      Studi perilaku sistem (behaviour)
3.      Hiburan / permainan (game).
Langkah-langkah model simulasi yaitu:
1.         Formulasikan Masalah & Buat Rencana Pemecahannya
2.         Kumpulkan data dan Definisikan modelnya
3.         Uji Validitas (utk Model)
4.         Buat Program Komputer
5.         Jalankan programnya
6.         Uji Validitas
7.         Rancang Percobaan
8.         Jalankan Produksi
9.         Analisis Data Output
10.     Penyimpanan hasil dan Program yang dipakai.
2.    Manfaat/Kelebihan Simulasi

            Simulasi adalah satu-satunya cara yang dapat digunakan mengatasi masalah, jika :
  1. Sistem nyata sulit diamati secara langsung. Contoh : Jalur penerbangan pesawat ruang angkasa atau satelit.
  2. Solusi Analitik tidak bisa dikembangkan, karena sistem sangat kompleks.
  3.  Pengamatan sistem secara langsung tidak dimungkinkan, karena :
    • sangat mahal
    •  memakan waktu yang terlalu lama
    • akan merusak sistem yang sedang berjalan.
3. Kelemahan Simulasi
  1. Simulasi tidak akurat. Teknik ini bukan proses optimisasi dan tidak menghasilkan sebuah jawaban tetapi hanya menghasilkan sekumpulan output dari sistem pada berbagai kondisi yang berbeda. Dalam banyak kasus, ketelitiannya sulit diukur.
  2. Model simulasi yang baik bisa jadi sangat mahal, bahkan sering dibutuhkan waktu  bertahun-tahun untuk mengembangkan model yang sesuai.
  3. Tidak semua situasi dapat dievaluasi dengan simulasi. Hanya situasi yang mengandung ketidak-pastian yang dapat dievaluasi dengan simulasi. Karena tanpa komponen acak semua eksperimen simulasi akan menghasilkan jawaban yang sama.
  4. Simulasi menghasilkan cara untuk mengevaluasi solusi, bukan menghasilkan cara untuk memecahkan masalah. Jadi sebelumnya perlu diketahui dulu solusi atau pendekatan solusi yang akan diuji.

4.    Aplikasi Model Simulasi
  •    Design dan analisa sistem manufaktur
  • Mengetahui kebutuhan sofware dan hardware untuk sebuah sistem komputer.
  • Mengevaluasi sistem persenjataan baru, dalam bidaang militer
  • Menentukan pengaturan dalam sistem inventory/persediaan.
  • Mendesign sistem transportasi
  • Mendesign sistem komunikasi
  •  Mengevaluasi sistem pelayanan dalam bidang perbankan.
  • Mengevaluasi sistem ekonomi dan finansial.


5.    Contoh-contoh implementasi simulasi

     Beberapa contoh simulasi komputer, antara lain :
Ø  simulasi terbang (flight simulation),
Ø  simulasi sistem ekonomi makro,
Ø  simulasi sistem perbankan,
Ø  simulasi antrian layanan bank (service queue),
Ø  simulasi game strategi pemasaran (market game),
Ø   simulasi perang (war game simulation),
Ø   simulasi mobil (car simulation),
Ø  simulasi tenaga listrik (power plan simulation),
Ø   simulasi tata kota (sim city).






0 komentar on PEMROGRAMAN SIMULASI :

Post a Comment and Don't Spam!